Total Tayangan Halaman

Rabu, 08 Agustus 2012

PENGERTIAN DAN HUBUNGAN DALAM PROGRAM PEMAGANGAN KE JEPANG


Pimpinan Hikari Universitas Amir Hamzah Ir.Edi Sarman Hasibuan,MT bersama Menteri Tenaga Kerja RI Bapak Muhaimin Iskandar,M.Si. Plt Gubernur Sumut Bapak H.Gatot Pujo Nugroho,ST dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Medan dan Guru IM Japan Eko Saputra Sensei
Pimpinan Hikari Universitas Amir Hamzah dalam acara GPP Provinsi Sumatera Utara



1.   Peserta

Program pemagangan adalah belajar bekerja dengan cara bekerja sambil mempelajari kebiasaan, disiplin, sikap, dan perilaku dalam suasana kerja secara sesungguhnya di Jepang. Ada pun program pembelajaran yang menyangkut pemagangan tersebut antara lain dimulai dari hal yang paling mudah dan paling sederhana seperti, menciptakan kesadaran atas pentingnya keselamatan kerja, belajar meningkatkan produktifitas dan efesiensi kerja, dsb.
Sampai sekarang jumlah peserta yang telah mengikuti program pemagangan ini lebih kurang 25.000 peserta yang telah berhasil menyelesaikan magang di Jepang dan lebih kurang 15.000 peserta masih mengikuti magang di negara Jepang saat ini.
Apabila peserta magang dapat menyelesaikan program pemagangan ini dengan baik maka terbuka kesempatan untuk bekerja di perusahaan perusahaan Jepang yang ada di Indonesia atau membuka usaha mandiri. Bagi yang ingin bekerja di perusahaan perusahaan Jepang yang ada di Indonesia. Kemnakertrans dan IM Japan menyelenggarakan wawancara perusaahaa pada saat upacara penutupan program pada saat peserta kembali ke Indonesia, selain itu peserta akan mendapatkan dana usaha mandiri sebesar 600.000 Yen atau sekitar RP.72.000.000**)                     
           **) kurs 1 Yen = Rp.120,-.

2.   Perusahaan Penerima

Perusahaan tempat peserta magang mengikuti pelatihan selama 3 (tiga) tahun di Jepang disebut perusahaan penerima sampai sekarang jumlahnya 1.100 perusahaan. Kondisi perusahaan penerima telah di periksa oleh pemerintah Jepang (Imigrasi Jepang) tentang persiapannya, kelayakannya, dsb. Dengan kata lain bahwa perusahaan penerima adalah perusahaan yang benar benar sesuai dan kompeten untuk program pemagangan.
Adapun bidang pekerjaan pada perusahaan penerima tersebut pada umumnya adalah bidang produksi dan bangunan. Peserta tidak dapat berpindah lokasi tempat pelaksanaan pemagangan dan bidang pekerjaan selama melaksanakan program pemagangan 3 (tiga) tahun.

3.   IM JAPAN

INTERNATIONAL MANPOWER  DEVELOPMENT ORGANIZATION JAPAN  (IM Japan)  adalah yayasan umum yang mendapat ijin dari Departemen Kesehatan dan Tenaga Kerja Jepang. Kantor Pusat ada di Tokyo, 5 kantor cabang di Jepang dan 3 kantor Perwakilan yang berada di Indonesia, Thailand dan Vietnam dengan jumlah karyawan 180 orang. IM Japan menerima peserta magang dari negara negara tersebut melalui persetujuan dari pemerintah Jepang. IM Japan bersama dengan Kemnakertrans mendidik calon peserta program pemagangan sebelum berangkat ke Jepang selama empat bulan. IM Japan telah mulai menerima peserta magang dari Indonesia sejak tahun 1993, peserta magang dari Thailand mulai tahun 2000, dan peserta dari Vietnam mulai tahun 2006.
Selain itu IM Japan juga sebagai penunjang selama peserta berada di Jepang, penunjang untuk masuk perusahaan setelah pulang ke tanah air, penunjang investasi perusahaan kecil dan menengah Jepang ke negara lain.

4.   Kemnakertrans RI

Kementerian Tenaga kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia adalah institusi pemerintah yang mengirim para peserta magang ke Jepang bekerja sama dengan IM Japan dengan harapan dapat meninkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

5.   Lembaga Bimbingan Hikari Universitas Amir Hamzah Medan

Lembaga bimbingan Pra magang ke Jepang HIKARI adalah Lembaga yang bergerak di bidang pelatihan kerja terutama untuk persiapan para peserta yang ingin mengikuti seleksi Program Pemagangan ke Jepang Lembaga ini berdiri sejak tahun 2006 yang di didirikan oleh Alumni magang ke Jepang yaitu Ir.Edi Sarman Hasibuan, MT dan H.Ahmad Kadri, SE (angkatan 40 tahun 1998) Lembaga Hikari Universitas Amir Hamzah Medan, telah banyak meluluskan siswa siswanya mengikuti Program pemagangan ke Jepang sampai sekarang ini tetap melaksanakan Pelatihan bagi para siswa siswa yang ingin mengikuti Program Pemagangan ke Jepang 
Hikari Universitas Amir Hamzah Medan beralamat di :
Gedung Fakultas Pertanian Kampus Universitas Amir Hamzah Medan
Jl.Pancing Pasar V Barat Medan Estate (depan UNIMED)
Hp. 081362368558 - 085275836899

Tidak ada komentar:

Posting Komentar